Mobil Baru untuk Orang Kaya di Tanah Air

Mobil Baru untuk Orang Kaya di Tanah Air

Mobil Baru untuk Orang Kaya di Tanah Air - Dua supercar anyar berharga miliaran rupiah siap menjadi "mainan" baru para orang kaya di Tanah Air. Keduanya adalah Ferrari 458 Spider dan Maserati GranTurismo MC Stradale.

"Harga Ferrari 458 Spider tidak bisa disebutkan. Soalnya antara Ferrari satu dan lainnya beda harga dan tergantung optional. Otomatis harga hanya bisa diketahui oleh si pembelinya. Ini agar tetap menjaga eksklusivitas Ferrari," kata Presiden Director Ferrari Indonesia, Irmawan Poedjoadi dalam peluncuran Ferrari 458 Spider di showroom Ferrari di Pondok Indah, Jumat 8 Juni 2012.

Di Italia, supercar ini dijual dengan harga sekitar Rp2 miliar. Sedangkan di Malaysia diberi banderol 1,9 juta ringgit atau Rp5,6 miliar. Untuk membeli Ferrari 458 Spider, konsumen di Indonesia harus menunggu paling cepat tiga bulan. Namun, kembali lagi pada jatah yang diberikan oleh Ferrari.

"Misalnya ada 20 pemesanan pada tahun ini, tapi Ferrari di Italia hanya memberikan jatah 5 unit untuk Indonesia. Berarti sisanya harus menunggu lagi tahun depan," kata dia.

Ferrari 458 Spider ini hadir dengan deflektor angin elektrik yang bisa menambah sistem aerodinamis kendaraan. Selain itu, juga bisa mengurangi suara bising di dalam kabin, meski sedang berada di kecepatan 200 km/jam. Sistem ini membuat mobil super convertible ini bisa seperti mobil dengan atap biasa.

Kuda Jingkrak 458 Spider ini menggunakan atap keras (hard-top). Sistem buka tutup atapnya memakan waktu 14 detik. Model ini sudah disematkan dengan velg 20 inci dan dibungkus dengan ban berukuran 235/35 di depan dan ban belakang 295/35.

Mobil super ini diperkuat mesin V8 4,5 liter, yang memiliki total output mencapai 570 tenaga kuda pada putaran mesin 9.000 RPM. Torsi tertinggi mencapai 398 lb-ft yang tersedia pada 6.000 rpm.

Unit mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi mobil balap Formula One berkopling ganda, tujuh percepatan. Ferrari 458 Spider mampu mencatat akselerasi 0 sampai 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi 318 km/jam.

Mobil Baru untuk Orang Kaya di Tanah Air

Sedangkan Maserati GranTurismo MC Stradale dibanderol Rp3,5 miliar. "Orang membeli Meserati untuk merasakan kenyamanan meski memiliki unsur mobil balap," kata Chief Executive Officer Maserati Indonesia, Irvino Edwardly.

Maserati GranTurismo MC Stradale adalah keluarga GranTurismo. Supercar yang juga berasal dari Italia ini, diperkuat mesin 4.691 cc yang memiliki rasio kompresi yang cukup rendah untuk mobil sport yakni hanya 11:1.

Supercar berdesain eksotis tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 450 hp pada 7.000 rpm, dengan torsi 510 Nm di 4.750 rpm. Dibutuhkan waktu 4,6 detik untuk bisa melesat dari posisi diam ke 100 km/jam. Sedangkan kecepatan maksimumnya menyentuh 301 km/jam.

"Rata-rata pembelinya dari kalangan pengusaha yang juga kolektor mobil sport," kata Irvino.