Inilah Mobil Listrik Paling Irit di Amerika

Inilah Mobil Listrik Paling Irit di Amerika

Inilah Mobil Listrik Paling Irit di Amerika - Honda Fit Electric Vehicle raih predikat mobil bertenaga listrik paling irit di Amerika Serikat dari Environment Protection Agency (EPA).

Dari hasil tes yang dilakukan oleh EPA, Honda Fit yang di Indonesia dikenal dengan Jazz ini mampu mencapai jarak tempuh 83 mil (atau setara dengan 133,6 km) dalam sekali pengisian baterai secara penuh.

Berdasarkan perhitungan EPA, efisiensi yang dicapai tenaga listrik Fit EV jika dikonversikan ke dalam bahan bakar konvensional setara dengan 188 mpg atau 50,1 km/liter. EPA menyebutkan konsumsi energi rata-rata itu paling irit jika dibandingkan dengan mobil-mobil bertenaga listrik lainnya.

Seperti dikutip dari laman resmi Honda, Kamis 7 Juni, Honda Fit EV Concept pertama kali diperkenalkan pada pada 17 November 2010 pada ajang Los Angeles Auto Show. Platform mobil ini berbasis plug in-hybrid dan Electric Vehicle.

Honda Fit EV dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari bagi para komuter. Mobil ini mempunyai tiga pilihan mode pengendaraan, yaitu sport, normal, dan eco yang didadopsi dari Honda CR-Z.

Dengan dibekali motor listrik berkapasitas 92-kilowatt, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 125 PS dan torsi 255 Nm. Fit EV membutuhkan waktu 3 jam untuk pengisian baterai listriknya yang bertegangan 240 volt dari kondisi kosong hingga penuh.

Hatchback ini masuk ke pasar mobil listrik Amerika Serikat mulai musim panas 2012. Sebagai langkah awal, Honda akan menyewakan Honda Fit EV kepada para konsumen di beberapa negara bagian seperti California, Oregon, hingga Pantai Timur Amerika Serikat. Sementara untuk pasar Eropa, Honda akan mulai memasarkann 2013.

Honda Fit EV menjadi bagian dari proyek mobil ramah lingkungan Honda yang telah berkomitmen untuk mengembangkan serta membuat “Earth Dreams Technology”. Dengan impian ini diharapkan bisa menekan tingkat konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.