E-Speed - E-Speed, Skuter Listrik dari KTM

E-Speed - E-Speed, Skuter Listrik dari KTM
E-Speed diperkenalkan perdana di Tokyo Motorcycle Show di Jepang, akhir pekan lalu.

E-Speed - E-Speed, Skuter Listrik dari KTM - KTM memperkenalkan sepeda motor konsep baru, E-Speed yang dipamerkan di Tokyo Motorcycle Show 2013 yang berlangsung pada 22 - 24 Maret lalu. Skuter listrik ini dirancang sebagai sepeda motor off-road dengan jarak pijak tinggi dan rangka dari pipa baja. 
Kelahiran E-Speed merupakan kelanjutan dari model sebelumnya, Freeride E dirtbike. Bisa dimaklumi kalau skuter ini menggunakan komponen yang banyak kesamaannya dengan Freeride E seperti, baterai dan motor listrik. Kendati demikian, karakteristiknya berbeda. Skuter ini disiapkan buat penggunaan di kota. 
Tenaga E-Speed lebih kecil, 14,8 PS dan torsi 30,06 Nm dibandingkan Freeride, 29,5 PS dan 3041,8 Nm. Sedangkan bobot, 140,1 kg karena harus menggendong baterai lithium ionberkapasitas 4,36 kWh di bawah jok. Daya jelajah skuter ini mencapai 65 km dan bisa dikebut sampai 85 kpj. Pengisian ulang baterai secara normal hanya dua jam. 
E-Speed - E-Speed, Skuter Listrik dari KTM
Bentuknya kompak, dengan frame tralis, khas KTM.

E-Speed - E-Speed, Skuter Listrik dari KTM
Desainnya sporty abis, remnya sudah ABS.

Monosok
E-Speed tampil bergaya sepeda motor masa depan dengan rancangan monosok atau peredam kejut tunggal untuk roda depan dan belakang. 
"Kami sangat yakin, sepeda motor listrik pengganti ideal mesin konvensional. Untuk jangka panjang, jarak tempuh akan semakin jauh, khusus untuk daerah-daerah yang peka dengan isu lingkungan," komentar Stefan Pierer, Chief Executive Officer KTM  yangdilansir Motorcycle.com. 
Dengan memilih bentuk skuter, lanjut Stefan, E-Speed lebih mudah diterima konsumen. "Bukan cuma karena ramah lingkungan, juga mudah digunakan, cepat dan menyenangkan," jelas Stefan.
Meski kecil, KTM sudah melengkapi sepeda motor dengan Anti-lock Braking System (ABS). Ketika direm, energinya disimpan kembali untuk disimpan di baterai, seperti mobil hibrida. Belum dijelaskan, kapan KTM mulai memasarkannya.  

Sumber : Inautonews