Jeep Patriot yang mewah tak mampu lulus uji tabrak IIHS.
Di berbagai belahan dunia, terutama AS, SUV kompak dan medium tumbuh pesat. Penjualan naik hingga 50 persen terhitung sejak 2005 hingga tahun lalu di Negeri Paman Sam dengan konsumen lebih dari 2,5 juta unit, data dari Ward's AutoInfoBank.
Subaru Forester dinobatkan sebagai SUV paling aman dalam tes tabrak IIHS.
”Forester dengan struktur baru yang direkayasa para insinyur Subaru sangat bagus dalam tes kami, dan mereka sukses. Hasil ini persis seperti apa yang kami harapkan kepada produsen mobil untuk memberikan respons dan memperbaiki tingkat perlindungan,” urai Joe Nolan, Vice President IIHS.
Tes tabrak dilakukan lebih detail, fokus pada seperempat bagian depan mobil yang sejajar dengan pengemudi. Menurut IIHS, kecelakaan yang menghantam bagian itu lebih banyak mencederai penumpang. Jadi, meski nilai bagus pada tumbukan penuh dari depan, belum tentu bagus ketika hantaman datang ke seperempat bodi depan.
Mobil dibenturkan ke tembok setinggi 1,5 meter dengan kecepatan 60 kpj. Efeknya akan tampak pada dummy, apakah penumpang cedera di bagian kepala, leher, dagu, atau bagian tubuh lain. Fungsi sabuk pengaman dan kantung udara juga dilihat.
Seharusnya, tes tabrak melibatkan 14 SUV, tapi Toyota meminta waktu untuk melakukan perbaikan struktur pada Toyota RAV-4. Berikut hasil tes tabrak SUV yang dirilis IIHS:
Mobil | Hasil Tes |
Subaru Forester | Bagus |
Mitsubishi OutlanderSport | Diterima |
Honda CR-V | Rata-Rata |
BMW X1 | Rata-Rata |
Nissan Rogue | Rata-Rata |
Mazda CX-5 | Rata-Rata |
Volkswagen Tiguan | Rata-Rata |
Jeep Wrangler | Rata-Rata |
Ford Escape | Buruk |
Jeep Patriot | Buruk |
Buick Encore | Buruk |
KIA Sportage | Buruk |
Hyundai Tucson | Buruk |
Toyota RAV-4 | - |
*Toyota RAV-4 ditunda, karena Toyota meminta waktu untuk memperbaiki struktur
* Semua SUV yang dites model 2012 dan 2013, kecuali Forester model 2014. IIHS menyatakan valid, karena tidak ada perubahan berarti pada model 2012 dan 2013.
Sumber: Foxnews, IIHS